Living In Bandung, Yes or No ?

Hey guys, this is Sobi. Wehehe *sok inggris

Di pos gue sebelumnya udah tau kan kalo gue kuliah di Bandung, ya ga Bandung banget sih. Dakolfornia tepatnya (Dayeuhkolot, Kab. Bandung), di Telkom University. Yaa, dan gue kalo main dan nyari barang apa-apa emang sering ke Bandung kota. Sebelumnya, asal gue dari Karanganyar, sebuah kabupaten di bawah kaki gunung Lawu dan berada di sebelah timur Kota Solo.

Untuk anak kampung kaya gue, hidup di Bandung adalah sebuah keberuntungan. In fact, this is kinda miracle. Bandung dengan segala gemerlapnya dapat merayu gue untuk hijrah dan hidup disini. Hal yang gue suka dari Bandung adalah segala hal yang mudah gue dapat, dari barang distro yang kualitasnya jauh dari distro Solo dan komunitas-komunitasnya yang berlimpah. Ditambah lagi fasilitas publik yang diberikan pemerintah kota Bandung kepada warganya yang sangat wow. Apalagi kalo ngomongin makanan, mau makanan yang model apapun ada dan Bandung bisa disebut debagai pioneer makanan menarik di Indonesia.

Jalan Asia Afrika (Src: tesyablog)

Jalan Asia Afrika (Src: tesyablog)

Alasan lainnya adalah adanya BDV(Bandung Digital Valley) dan ekosistem Startup yang jauh lebih baik dari Solo. Something like this you can not deny that technologies in Bandung are way better than Solo, though Solo also has many startup but the ecosistem is not good enough.

Tapi ga ada hal yang sepenuhnya baik, begitu juga dengan Bandung. Banyak hal positif dari Bandung tapi ga sedikit pula hal negatifnya. Pertama kali gue dateng ke Bandung (bener-bener sendiriain) yang bikin kaget adalah macetnya. Ya Allah, bisa tua dijalan gue kalo tiap hari ngadepin macet yang bisa lama dan panjang *kaya itu tu #IFYOUKNOWHATIMEAN

Lalu yang kedua adalah budaya yang berbeda, bahasa kerennya adalah culture-shock. Well, orang-orang di Bandung itu tipikal orang kota besar, ngomongnya pun cenderung “kota besar”, mirip-miriplah sama cara ngomongnya awkwkwkarin dan untuk orang jawa dan dididik dengan cara jawa kaya gue sedari kecil, cara ngomong dan cara berteman orang-orang di Bandung ini cukup mengejutkan.

Daaaan, beberapa hal yang bikin gue sayang sama Solo dan Karanganyar adalah makanannya yang murah, keramahan kota dan terutama macetnya yang minimal.

Well, pada akhirnya setelah gue nyelesein pendidikan di Bandung, gue janji ke Ibu kalo gue bakal pulang. Yap, gue milih Solo pada akhirnya, bagi gue Living in Bandung is an incridible present and it’s very valueable, but in the end i choose Solo tho. So my answer is No. However, Bandung will give me beautiful memories and many places to remember.

Gapura Gladag (Src: kesolo.com)

Gapura Gladag (Src: kesolo.com)

Finally, Thanks for reading my rendom post. Ciao !

Lion, Jalan Dev Patel Menuju Oscar

Well, let’s talk about movie. Been awhile since i wrote about Movie, last time about Hacksaw Ridge. An really excellent movie.

LION

LION

Kali ini gue mau review sotoy dikit Lion, film Australia-Amerika ini disutradarai oleh Garth Davis dan dibintangi oleh Dev Patel (Slumdog MIllionaire), Nicole Kidman, Rooney Mara, dan lain-lain.

Setting tempat utama dari film ini ada 2, yakni di Ganesh Talai,Khandwa, India dan Melbourne, Australia. Ceritanya sih, Saroo kecil ini hidup sama kakak dan ibunya di India, kemudian dia pergi ke kota sebelah sama kakaknya. Karena Saroo ini nyampe di stasiun tujuan udah K.O alias ketiduran, akhirnya Kakaknya (Guddu) bilang ke Saroo buat nunggu di peron aja dan nanti Guddu bakal balik.

Karena Saroo masih kecil dan ga sabaran, akhirnya dia naik ke gerbong yang berhenti di stasiun itu, kebawa deh sampe Kalkuta (Kolkata). Disana dia jadi anak di panti asuhan dan kemudia diadopsi oleh keluarga dan tinggal di Hobart, Australia, sampai Saroo dewasa.

Sampe akhirnya saat kuliah, Saroo menelusuri kembali kemana dia hilan saat kecil lewat Google Earth, IYA !! Google Earth. Disini dia kerasa banget pergolakan batinnya, dari males nyari, susahnya nyari ibunya, dan juga takut kalo bakal ngelukai ibunya yang di Australi (Nicole Kidman).

Sampe akhirnya, Saroo Brierley menemukan kembali keluarganya yang ada di Ganesh Talai (Saroo kecil ngucapinnya Ganeshtalay, jadinya polisi yang sempet bantuin dia ga bisa nemuin daerah rumahnya ini). Ya, pokonya biar ga terlalu spoiler, akhirnya Saroo nemuin kembali ibunya, tapi ada sesuatu yang mengejutkan. *Tonton sendiri ye :p

Saroo kecil yang diperankan oleh Sunny Pawar

Saroo kecil yang diperankan oleh Sunny Pawar

Menurut gue, yang bagus dari ini adalah ide cerita dimana cerita ini diangkat dari kisah nyata Saroo Brierley (Sheru Munshi Khan) dan akting Dev Patel yang membuat film ini lebih kuat ceritanya, jangan lupa peran Sunny Pawar yang memerankan Saroo muda juga ga bisa dianggep biasa aja. Nicole Kidman yang meranin ibu Saroo juga terlihat kuat dimana dia berhasil meranin ibu yang takut kehilangan anaknya, kehilangan bukan karena Saroo nyari ibu kandungnya di India tapi juga saat akan melepas Saroo kuliah di Australia daratan dan pergi dari Tasmania.

Minusnya dari film ini menurut gue adalah Saat pergulatan batin Saroo kurang realistis dan nanggung. Overall, gue nganggep Dev Patel bener-bener layak dapet nominasi Oscar 2017 untuk kategori Best Supporting Actor, bersaing dengan nama-nama besar seperti Jeff Bridges (Comencheria),Mahershala Ali (Moonlight) dan juga kandidat lainnya yang bermain luar biasa di film-film lain. Dan juga, Nicole Kidman juga mendapat nominasi Oscar melalui film ini. Jadi, masih nolak buat nonton ?

Nicole Kidman memerankan Sue Brierley

Nicole Kidman memerankan Sue Brierley

Yak, sekian review sotoy gue, untuk beberapa bulan kedepan mungkin gue akan nulis review film sotoy lainnya terutama film yang dapet nominasi Oscar. See ya !!

Link : IMDB , Rotten Tomatoes

Review IDCloudhost, Mahal Sih Tapi…

Hello, post kali ini gue pengen bahas hal yang gue cukup pahami meski ga sedalam expert.

Ya, gue mau bahas hosting dari IDCloudhost (https://idcloudhost.com/), startup penyedia layanan hosting berbasis SSD ini berkator di daerah Cikoneng, Kab. Bandung, Jawa Barat. Ga jauh dari kampus gue, Telkom Unversity. FYI, CEO dari idcloudhost ini anak IF 2014 juga, seangkatan sama gue.

Well, let’s back to the topic. Gue bisa make hosting dari idcloudhost ini karena web berita kampus yang gue kelola bareng temen-temen (http://students.telkomuniversity.ac.id/) kerja sama bareng idcloudhost. Jadi, gue make idcloudhost gratisan, mweheheh :v

IDCloudhost sendiri ngasih kami paket Elite Pro. Gambar dibawah ini detil layanan yang kam terima dari kerja sama bareng IDCloudhost

Elite Pro

Elite Pro

 Secara storage sih bisa dibilang IDCloudhost ga unggul dibanding beberapa hosting luar negeri maupun dalam negeri yang memberikan harga yang lebih murah tapi storage tipe SSD yang ditawarkan IDCloudhost menjadi pembeda disini. Gue sendiri ngerasain respond time yang bagus dari server dan kualitas yang diberikan oleh IDCloudhost bisa dikatakn cukup sepadan.

Hal yang gue rasain lainnya adalah kemarin Server tempat web kami berada kena maintenance dan ini kami rasakan cukup mengganggu sebenarnya, meski cuma 2 jam tapi web kami saat itu benar-benar lumpuh, mati total.

Kami cukup kelimpungan dengan kondisi ini, untungnya tim dari IDCloudhost responsif dengan problem kami, segera setelah maintenance dari IDCloudhost selesai, segera itu juga semua data kami dikembalikan. Sayangnya, meski sudah direcovery kami masih mengalami 2x CPanel blocked sehingga kami tidak bisa mengakses CPanel.

 Well, i made me really frustrated. Luckily, saya sudah backup webnya beberapa hari sebelumnya dan temen gue sudah melakukan maintenance, sekarang web kami sudah normal kembali.

Finally, bila untuk maintenance server dari IDCloudhost dikesampingkan saya akan memberi nilai (8.5/10) untuk kinerja dan layanan dari IDCloudhost yang sangat prima, namun bila masalah teknis seperti yang gue alami dimasukkan dalam penilaian maka (8/10) adalah skor yang relevan.

Hacksaw Ridge, Pembuktian Andrew Garfield

Hej ! gue mau sotoy aja sih review pertama gue kali ini. Film ini judulnya Hacksaw Ridge, setting-nya WWII di Okinawa, Jepang. Disutradarai Mel Gibson, ya udah pada tau semua lah siapa Mel Gibson. Awal ceritanya dimulai dari Desmond Doss dan Hal Doss kecil yang berantem hingga Hal Doss ditampol pake batu sama Desmond Doss. Hal ini yang bikin Desmond dewasa (Andrew Garfield) bersumpah ga akan megang senjata. Dan kemudian Desmond ketemu Dorothy Schutte di Rumah Sakit.

Hacksaw Ridge

Hacksaw Ridge

Yaaaaa, pokonya akhirnya diiringi dengan dilema antara cinta dan panggilan negara untuk berperang karena Amerika terlibat WWII, Desmond akhirnya berangkat perang dengan jadi tim medis.

Oke, Yang gue suka dari film ini adalah sinematografinya yang bagus dan alur cerita yang kuat, ditambah dengan karakter Desmond Doss yang diperankan oleh Andrew Garfield tidak bisa dibilang jelek juga membuat film ini layak masuk nominasi oscar.

Dan memang Hacksaw Ridge mendapat beberapa nominasi di Academy Awards 2017 diantaranya Actor in a Leading Role, Directing, Film Editing, Sound Editing, Sound Mixing. Andrew Garfield sendiri menurut gue kandidat terkuat buat nikung Ryan Gosling yang digadang-gadang bakal dapet Oscar kategori Best Actor in leading role.

Overall, kata gue rating Hacksaw Ridge (8.2/10)

Kenapa Harus Kamu ?

Hei, sudah beberapa lama aku tidak menulis di sini. Lama rasanya setalah aku melakukan kejahatan kepadamu. Maaf.

Disini pengakuanku, kamu tahu dimana aku bersekolah dan apa yang aku pelajari. Kamu juga tahu aku mampu melakukannya. Aku tak akan menyebut apa kejahatanku dan siapa kamu.

Disini, hanya kita berdua yang tahun apa kejahatan yang sudah aku perbuat.

KENAPA KAMU ?

Ya, aku sadar pertanyaan ini terlintas di pikiranmu, kenapa kamu ? Apakah kamu melihat pesan yang aku tinggalkan ? dalam bahasa inggris tentunya.

aku menuntun permintaan maafmu, lucu ? Tidak!

Semua hanya omongan kosong bila aku ikhlas, kamu tidak pernah meminta maaf secara langsung dan aku menuntut kamu melakukannya. Dan dengan kemampuanku aku masih bisa melakukan hal yang sama.

Kemarau Awal Desember

Bapakku pernah berkata betapa tidak bersyukurnya orang bila musim tidak berganti. Bila terus menerus hujan, maka manusia akan mengeluh dan demikian pula bila tidak pernah hujan.

Pergantian musim mengajarkan manusia untuk bersyukur, begitu pula bulan ini.

Aku menulis ini saat bulan November, mungkin beberapa bulan lagi hujan lebat akan menjadi teman baik orang Indonesia selama beberapa waktu.

Aku, aku suka hujan dan kemarau. hujan selalu menyejukkan untukku dan memberikan kebahagian. Sementara kemarau memberikan banyak pelajaran untukku, tentang bagaimana beradaptasi dan mengolah apa yang kita dapat saat musim hujan.

Kemarau, kata orang kemarau itu tidak lebih baik dari hujan. Bodoh.
Kemarau dan hujan bagai yin dan yang, benar dan salah, hitam dan putih.
Berlawanan namun saling membutuhkan dan melengkapi.